.
 

Kerajaan Kutai

Nah teman - teman gaulku yang mungkin sekarang belajar sejarah (kayaknya ngak dech). Entah materi ini masuk atau ngak saat ujian besok, tapi ngak apa - apalah jadi bahan materi blogku hari ini. kali saya aka membahas tentang Kerajaan Kutai yaitu Kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Selamat menikmati (Emangnya makanan).
Eitss tapi jangan sampai ngantuk yach hihihi....


Letak Kerajaan Kutai
Berdasarkan sumber - sumber berita yang berhasil di temukan menunjukan bahwa Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur, yaitu di hulu sungai Mahakam. Nama kerajaan ini disesuaikan dengan nama daerah tempat penemuan prasasti, yaitu di daerah kutai. Hal ini disebabkan, karena setiap prasasti yang di temukan tidak ada yang menyebutkan nama dari kerajaan tersebut.

Kerajaan kutai mendapat pengaruh agama Hindu. Hal ini di jelaskan pada tujuh tiang batu yang disebut yupa yang di gunakan untuk mengikat hewan korban yang merupakan persembahan rakyat kepada dewa yang di pujanya. Tulisan yang digunakan adalah huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.

Yupa
Sejak masuknya agama Hindu sistem pemerintahan di ubah dari kepala suku menjadi raja sebagai kepala pemerintah. Raja  - Raja yang memerintah Kerajaan Kutai adalah sbb.

  • Raja Kudungga
Adalah raja pertama yang memerintah Kerajaan Kutai, di yang mengubah sistem pemerintahan dari kepala suku menjadi raja, senhingga pergantian raja dilakukan turun - temurun.
  • Raja Aswawarman
 Pada masa pemerintahannya Kerjaan Kutai diperluas lagi. Hal ini di buktikan dengan pelaksaan upacara Asmawedha. Dala upacara itu, dilaksanakan pelepasan kuda dengan tujuan untuk menentukan batas kekuasaan Kerajaan Kutai.
  • Raja Mulawarman
adalah putra dari Raja Aswawarman. Pada masa pemerintahannya Raja Kutai mengalami masa gemilang. Rakyat hidup tentram dan sejahtera. Raja Mulawarman juga mengadakan upacara kurban emas yang amat banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar